Hiburan

Sekarang Aturan Transportasi Online Sudah Terbit Loh!!

Pemerintah akhirnya merilis aturan transportasi online di Indonesia, khususnya ojek online. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan, Budi Setiadi mengatakan jika aturan ini sudah hampir rampung, hanya soal tarif saja yang harus dirundingkan.

Budi Setiadi juga menjelaskan akan segera melaporkan aturan transportasi online ini kepada Menteri. Aturan ini juga akan segera ditandatangani oleh Peraturan Menteri dan Keputusan Menteri perihal tarif transportasi online. Dalam aturan tersebut, aturan transportasi online nantinya akan diatur dalam 3 hal utama.

Yakni tarif, penghasilan pengemudi dan aspek pelanggan. Pada poin pertama, Budi mengatakan jika dirinya masih perlu berunding dengan aplikator. Dalam hal ini adalah Grab dan Gojek sebagai penyedia layanan aplikasi transportasi online. Karena kedua perusahaan memiliki skema tarif yang berbeda.

Penghasilan Mitra Transportasi Online Diperhatikan
Poin kedua adalah masalah penghasilan bagi sang pengemudi transportasi online. “Penghasilan pengemudi ini juga perlu disampaikan,” kata Budi Setiadi seperti dikutip dari laman CNBC, Selasa (19/3). Poin ketiga adalah aspek pelanggan. Budi mengaku jika mayoritas pengguna transportasi online sudah merasa jika tarif yang ada saat ini cukup bagus.

Kemenhub juga sebelumnya telah melakukan sosialisasi lewat uji coba publik terkait Peraturan Menteri di 5 kota. Salah satunya adalah Makassar dan Bandung. Aturan yang akan diundangkan melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat.

Kembali kepada soal tarif. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengaku telah mengupayakan tarif yang persuasif untuk digunakan ojek online. Para mitra mengusulkan untuk menentukan tarif di angka Rp 3 ribu per kilometer. “Makanya saya usulkan tarifnya ada di antara Rp 2.400 per/km sebagai angka usulan,” kata Budi Karya Sumadi dikutip dari Kompas.

Masih menyangkut soal tarif, nantinya tarif yang akan diberlakukan saat peraturan benar-benar terbit akan dievaluasi setiap 3 bulan. Aturannya sendiri paling cepat akan diresmikan pada hari Kamis (21/3) atau hari Jumat (22/3) pekan ini. Masalah regulasi aturan transportasi online ini kerap menjadi kekacauan bagi mitra dan juga penumpang yang menggunakan aplikasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *